Selamat Jalan Chaerul Umam

Selamat Jalan Chaerul Umam
Selamat Jalan Chaerul Umam

jpnn.com - JAKARTA – Sosoknya dikenal sebagai sutradara yang terus aktif berkarya di usianya yang senja. Salah satunya, film Ketika Cinta Bertasbih sukses mendapat banyak apresiasi positif pada 2009. Namun, setelah dirawat sekitar sepekan di RS Islam Pondok Kopi, Jakarta, lantaran stroke, Chaerul Umam mengembuskan napas terakhir, Kamis (3/10) pukul 15.00 WIB.

”Telah berpulang ke rahmatullah ayah saya H Chaerul Umam. Mewakili keluarga, saya Aulia Akbar memohon maaf apabila ada kesalahan yang sengaja atau tidak disengaja oleh beliau. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Wassalam.” Begitu kabar yang diterima dari salah seorang putranya, Aulia Akbar, kemarin. Chaerul Umam meninggal pada usia 70.

Menurut Aulia, ayahnya dirawat sejak akhir September. Itu merupakan serangan kedua setelah serangan pertama sepekan sebelumnya. Setelah dirawat, kondisinya sempat membaik Selasa malam (1/10). Namun, kemarin drop lagi hingga akhirnya meninggal.

Chaerul Umam adalah salah seorang sutradara terbaik di tanah air. Karya-karyanya telah menghasilkan sejumlah prestasi. Di antaranya, sutradara terbaik dalam film Titian Serambut Dibelah Tujuh (FFI 1983),  Kejarlah Daku Kau Kutangkap (FFI 1986), Joe Turun ke Desa (FFI 1990), Nada dan Dakwah, Ramadhan dan Ramona (FFI 1992), dan penghargaan terpuji untuk film Ramadhan dan Ramona dalam Festival Film Bandung 1993. Bukan hanya itu. Chaerul juga meraih penghargaan khusus dalam Festival Film Asia 1977 di Thailand lewat film Al Kautsar.

Laki-laki kelahiran Tegal, 4 April 1943, itu juga menghasilkan karya-karya yang berkesan bagi banyak orang. Misalnya, Tiga Sekawan (1970), Ketika Cinta Bertasbih, Ketika Cinta Bertasbih 2, dan beberapa judul sinetron seperti Jalan Takwa, Jalan Lain ke Sana, Maha Kasih, dan Astaghfirullah. (yas/c10/any)


Berita Selanjutnya:
Mike Lewis tak Tahan Menduda

JAKARTA – Sosoknya dikenal sebagai sutradara yang terus aktif berkarya di usianya yang senja. Salah satunya, film Ketika Cinta Bertasbih sukses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News