Seleksi CPNS Hanya Tampung Kerabat Pejabat

70-80 Persen Anggaran Negara Terserap untuk Birokrasi

Seleksi CPNS Hanya Tampung Kerabat Pejabat
Seleksi CPNS Hanya Tampung Kerabat Pejabat
JAKARTA -- Mantan Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri, Kausar Ali Saleh mengatakan, anggaran negara selama ini banyak terserap untuk belanja birokrasi.

“Birokrasi Kita terlalu membengkak,” ujarnya dalam diskusi bertajuk ‘Mencermati Kemajuan Otonomi Daerah’, yang digelar Mejelis Pakar Pimpinan Kolektif Majelis Nasional KAHMI, di KAHMI Centre, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (6/4).

Konsekuensi yang demikian, kata Kausar, akhirnya membuat alokasi pembiayaan untuk pembangunan sektor publik hanya sedikit. Maksimal hanya 30 persen saja yang direalisasikan dalam berbagai program. Anggaran untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, hanya merupakan sisa pembiayaan birokrasi yang besar tersebut.

Kausar memaparkan, fenomena birokrasi yang semrawut itu terjadi dari pusat hingga daerah. Bahkan yang lebih parah di daerah, ungkap dia, ada beberapa diantaranya yang jumlah pegawainya sangat banyak, tak sebanding dengan jumlah masyarakat yang dilayani.

JAKARTA -- Mantan Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri, Kausar Ali Saleh mengatakan, anggaran negara selama ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News