Seleksi CPNS & PPPK 2023: Info Penting untuk Fresh Graduate, Maaf ya, Terbatas

Seleksi CPNS & PPPK 2023: Info Penting untuk Fresh Graduate, Maaf ya, Terbatas
Seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 menyediakan formasi untuk fresh graduate. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 akan mengakomodasi pelamar dari fresh graduate.

Dengan kata lain, seleksi CPNS 2023 dan seleksi PPPK 2023 tidak sekedar menampung tenaga non-ASN atau honorer.

Azwar Anas mengatakan, dalam seleksi CASN 2023 pihaknya akan berusaha menyelesaikan perekrutan tenaga non-ASN atau honorer, sekaligus mengambil kalangan lulusan baru atau fresh graduate.

"Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji," kata Menteri Anas.

Dia menyebutkan dari total formasi tersebut nantinya 80 persen terdiri dari non ASN atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan sisanya 20 persen fresh graduate.

Nah, khusus formasi yang disediakan bagi fresh graduate, Menteri Anas mengatakan, pemerintah mengutamakan talenta digital.

Hal ini karena birokrasi harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa depan.

“Fresh graduate itu kami utamakan yang talenta digital. Nantinya, fresh graduate ini akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan kementerian, lembaga, dan daerah. Jadi rekrutmen 2023 mengakomodasi teman-teman non-ASN yang sudah proses mengabdi kepada negara, serta teman-teman fresh graduate,” jelas Menteri Anas, dikutip dari situs resmi Kemenpan-RB, Selasa (13/6).

Berikut ini info penting untuk fresh graduate yang berminat ikut seleksi CPNS 2023 atau PPPK 2023. Tidak hanya mengakomodasi honorer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News