Seleksi CPNS & PPPK 2023, Menteri Anas: Ada Komplain, Masa Honorer Terus yang Diurus

Seleksi CPNS & PPPK 2023, Menteri Anas: Ada Komplain, Masa Honorer Terus yang Diurus
MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan mengenai seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 . Ilustrasi Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Azwar Anas mengatakan pihaknya tengah memantapkan rencana seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Seleksi CPNS 2023 akan dimulai September dan saat ini KemenPAN-RB sedang menyiapkan penetapan formasi.

"September 2023 ini mulai, kan kita tetapkan dulu formasinya," kata Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6).

Azwar Anas menyatakan dirinya baru saja melaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo mengenai rencana rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) 2023.

Dia menyebutkan, formasi ASN 2023 untuk sementara berjumlah total 1.030.751 orang.

Azwar Anas menjelaskan, dalam rekrutmen tersebut pihaknya akan berusaha menyelesaikan perekrutan tenaga non-ASN atau honorer, sekaligus mengambil kalangan lulusan baru atau fresh graduate.

"Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji," kata Anas.

Dia menjelaskan dari total formasi tersebut nantinya 80 persen terdiri pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan sisanya 20 persen untuk CPNS dari fresh graduate, terutama yang talenta digital.

Berikut ini data-data terkait seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023, bagaimana dengan penyelesaian tenaga honorer. Simak kalimat Menteri Azwar Anas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News