Selidiki Menyeluruh Insiden KM Sinar Bangun

Selidiki Menyeluruh Insiden KM Sinar Bangun
Ilustrasi proses evakuasi korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba. (Foto: BNPB/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Polri melakukan penyelidikan menyeluruh terkait insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara.

Mantan ketua Komisi III DPR itu menyatakan bahwa pengelola jasa transportasi maupun instansi terkait harus bertanggung jawab secara hukum dan moral.

“Tidak boleh meremehkan keselamatan. Jangan sampai nyawa saudara-saudara kita melayang percuma karena kecerobohan,” kata Bambang, Rabu (20/6).

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu meminta petugas terus mencari korban atau penumpang lain yang belum ditemukan.

"Mudah-mudahan mereka ditemukan dalam keadaan selamat,” katanya.

Bamsoet menambahkan insiden KM Sinar Bangun harus menjadi pelajaran penting. Terlebih, informasi yang beredar menyebut kapal penyeberangan itu tak dilengkapi manifes.

“Manifes penumpang bukanlah hal yang bisa disepelekan. Keselamatan dalam hal apa pun harus diutamakan,” jelasnya.

Menurut Bamsoet, saat ini Danau Toba merupakan kawasan penting. Dia berharap, kejadian serupa tak terjadi lagi di kemudian hari. (boy/jpnn)


Insiden KM Sinar Bangun harus menjadi pelajaran penting. Terlebih, informasi yang beredar menyebut kapal penyeberangan itu tak dilengkapi manifes.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News