Selundupkan 1.003 Gram SS dengan cara Ditelan

Dua WN Iran Dibekuk

Selundupkan 1.003 Gram SS dengan cara Ditelan
SABU DITELAN : Tim Customs Tactical Unit (CTU) Kantor Bea dan Cukai Soekarno Hatta, menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu senilai Rp 1,5 miliar oleh dua warga negara Iran, kemarin. Modusnya, sabu seberat 1.003 gram tersebut dibungkus dalam 125 butir kemasan kapsul dan ditelan dalam perut (swallowed) untuk mengelabui petugas. Foto : UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS
TANGERANG-Lagi, dua warga negara (WN) Iran tertangkap tangan hendak menyelundupkan sabu-sabu (SS) ke tanah air. Keduanya masing-masing bernama Ghader Bakhoor, 34, dan Yaser Alizadah, 29, dibekuk petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hendak menyelundupkan 1.003 gram SS. Kedua pria itu dicokok di Terminal 2D Kedatangan, Jumat (7/1) malam saat hendak keluar bandara.

Sabu-sabu senilai Rp 1,5 miliar itu diselundupkan dengan cara ditelan ke perut berbentuk kemasan kapsul sebanyak 125 butir. ”Modus penyelundupan sabu-sabu dengan cara ditelan ke dalam perut ini yang kali pertama digagalkan pada 2011 ini,” terang Kepala Bea dan Cukai Bendara Soetta, Bahaduri Wijayanta kepada INDOPOS, Senin (10/1) kemarin.

Menurutnya juga, modus penyelundupan SS ditelan ke dalam perut itu sering dilakukan oleh warga negara (WN) asing berkulit hitam terutama warga Afrika pada era-2003 hingga 2009 lalu. Rupanya, seiring terungkapnya kasus penyelundupan dengan cara menyimpan narkoba dalam koper, membuat sindikat narkoba jaringan internasional kembali mencoba dengan modus yang lama. ”Tapi upaya itu kami gagalkan berkat kerjasama dengan Polres Khusus Bandara Soekarno-Hatta,” ungkapnya juga.

Sementara itu, Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan, Bea dan Cukai, Bandara Soetta, Gatot Sugeng Wibobo menyatakan terungkap kasus ini, berawal dari informasi intelijen dan profilling terhadap dua penumpang Malaysia Airlines (MH-723) Kuala Lumpur-Jakarta yang mendarat di bandara yang jadi gerbang masuk ke tanah air tersebut.

TANGERANG-Lagi, dua warga negara (WN) Iran tertangkap tangan hendak menyelundupkan sabu-sabu (SS) ke tanah air. Keduanya masing-masing bernama Ghader

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News