Seluruh Pemain Barito Putera Lakukan Tes Uji Yo-Yo

Seluruh Pemain Barito Putera Lakukan Tes Uji Yo-Yo
Tes Yo-Yo dijalani semua pemain Barito Putera untuk mengukur kekuatan fisik masing-masing. Foto: kaltimpost/jpg

jpnn.com, BANJARMASIN - Barito Putera melakukan tes Uji Yo-Yo kepada seluruh pemain di Lapangan Plaza Futsal Banjarmasin, Senin (11/2) siang, demi menjaga konsisten di kancah Liga 1 2019 musim depan.

Uji Yo-Yo kali ini dipimpin langsung Pelatih Fisik, Vitor Tinoco. Di latihan sebelumnya, Vitor tidak bisa memimpin latihan fisik Evan Dimas dkk karena masih menjalani pelatihan di Brasil.

Dalam tes ini pemain melakukan sprint pendek sekitar 40 meter (2x20 meter) bolak balik. Tes Yo-Yo hampir mirip dengan Beep Test. Namun, dalam tes ini pemain memiliki istirahat aktif singkat (masing-masing 5 dan 10 detik untuk ketahanan intermittent dan uji pemulihan berselang).

Uji Yo-Yo bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran daya tahan aerobik pemain. Tentu dari hasil tes ini tim pelatih bisa memulai program latihan yang mereka terapkan. “Skuat kami hampir lengkap. Jadi, saya kira kami akan segera memulai persiapan untuk menatap musim depan,” terang pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Jacksen mengungkapkan bahwa tes ini memang rutin dilakukan. Namun, biasanya tes dilakukan saat menjalani pemusatan latihan di Batu Malang. “Kali ini kami lakukan tes awal terlebih dahulu di sini (Banjarmasin, Red). Jadi, dari hasil tes kami bisa menentukan program latihan yang tepat,” lanjutnya.

Pemain bertahan Barito Putera, Nazar Nurzaidin mengaku tes ini cukup melelahkan. Fisik pemain benar-benar diukur hingga batas kemampuan terakhirnya. “Memang ini cukup melelahkan, tapi ini sudah program yang harus kami jalani. Jadi tak masalah,” ucapnya.(bir/ma/dye)


Berita Selanjutnya:
Perseru Tinggalkan Liga 1

Barito Putera melakukan tes Uji Yo-Yo kepada seluruh pemain di Lapangan Plaza Futsal Banjarmasin, Senin (11/2) siang, demi menjaga konsisten di kancah Liga 1 2019 musim depan.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News