Semakin Informatif, KLHK Meraih Penghargaan KIP

Semakin Informatif, KLHK Meraih Penghargaan KIP
Menteri LHK Siti Nurbaya menerima penghargaan dari Komisi Informasi Publik. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - KLHK dinilai semakin informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Jika sebelumnya dinilai sebagai kementerian yang tidak informatif, tahun 2018 KLHK naik dua tingkat menjadi Kementerian dengan peringkat cukup informatif. 

Hasil tersebut diumumkan KIP di Istana Wakil Presiden, Jakarta (5/11). Menteri LHK Siti Nurbaya menerima penghargaan yang diserahkan Ketua KIP Gede Narayana, disaksikan Wapres Jusuf Kalla.

Pada kesempatan ini, KIP mengumumkan monitoring evaluasi pemeringkatan keterbukaan informasi publik terhadap seluruh badan publik.

Hasil monitoring dan evaluasi ini meliputi 460 Badan Publik yaitu 34 Kementerian, 34 Pemerintah Propinsi, 134 Perguruan Tinggi Negeri, 45 Lembaga Negara dan Lembaga Negara Non Kementerian, 86 Lembaga Non Struktural, 111 Badan Usaha Milik Negara, dan 16 Partai Politik.

"Penganugerahan ini menunjukkan komitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi di badan publiknya," kata Ketua KIP Gede Narayana.

Dalam arahannya, Wapres Jusuf Kalla menjelaskan bahwa keterbukaan informasi dibutuhkan agar bisa menjalankan demokrasi dengan baik, sehingga pemerintahan akan lebih terkontrol. Selain itu, keterbukaan informasi publik akan memudahkan pengawasan pada suatu Badan Publik. 

"Keterbukaan informasi publik juga akan melindungi masyarakat. Masyarakat juga berhak mendapatkan informasi yang benar," tegas Wapres Jusuf Kalla.

"Jajaran KLHK berkomitmen kuat untuk terus meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat," ujar Menteri Siti.

Komitmen KLHK juga ditunjukkan dengan turut berpartisipasi dan melaksanakan tahapan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News