Semakin Seksi, Wisata Olahraga Jadi Event Tahunan NTB

Semakin Seksi, Wisata Olahraga Jadi Event Tahunan NTB
Para pebalap yang mengikut Tour de Lombok Mandalika 2017, terlihat melakukan manuver. Sport tourism kini menjadi andalan NTB untuk menarik wisatawan. HARLI/LOMBOK POST/jpg

jpnn.com, MATARAM - Wisata olahraga menjadi andalan baru pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event yang digelar setiap tahun dengan berbagai nama ini semakin “seksi” untuk dijual kepada para wisatawan.

Hal ini terlihat dari suksesnya penyelenggaraann Tour de Lombok Mandalika 2017 yang berakhir, Minggu (16/4).

Seratus lebih pebalap dari 19 negara seperti Spanyol, Kolombia, Malaysia, Australia, Filipina, Spanyol, Jepang, Italia dan lain-lain hadir dalam event tersebut.

Pada etape terakhir dengan rute jalan-jalan utama Kota Mataram, para pebalap ini diajak mengelilingi spot-spot wisata, seperti kota tua Ampenan, Taman Udayana, masjid Islamic Center NTB dan sebagainya. Antusiasme warga yang menyaksikan pun ikut memeriahkan balap sepeda itu.

Menanggapi hal itu, Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi berharap, Union Cycliste Internationale (UCI) -sebuah organisasi balap sepeda tertinggi- memberikan penilaian yang bagus atas penyelenggaraan balap sepeda jalanan Tour de Lombok.

Sehingga UCI tetap memasukkan ke dalam event tahunan mereka. TGB menyebut banyak sekali event-event serupa yang ingin masuk dalam kalender UCI. Agar Tour de Lombok bisa masuk maka salah satu kuncinya adalah pelaksanaan tahun ini harus berhasil.

Sampai etape ketiga, ia mendengar berjalan sangat sukses, anggota UCI menurutnya sangat puas. Dengan demikian, ia berharap tahun depan dimasukkan kembali dalam kalender event UCI.

Wisata olahraga menjadi andalan baru pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News