Sembilan Kecamatan Tidak Punya Penghulu

Sembilan Kecamatan Tidak Punya Penghulu
Sembilan Kecamatan Tidak Punya Penghulu

BOJONEGORO - Bojonegoro masih kekurangan tenaga penghulu. Berdasar catatan Kemenag Bojonegoro, terdapat sembilan kecamatan yang saat ini belum mempunyai penghulu.

Kepala Seksi Bimbingan Islam Kemenag Bojonegoro Mahfuri menyatakan, jumlah penghulu nikah di wilayahnya memang masih minim. Hingga kini, sembilan kecamatan belum memiliki penghulu. ''Kekurangan tenaga penghulu di Bojonegoro terjadi sejak tahun lalu,'' jelasnya kemarin (21/3). 

Menurut dia, sembilan kecamatan yang belum mempunyai penghulu itu adalah Kalitidu, Margomulyo, Tambakrejo, Sekar, Gondang, Bubulan, Kedewan, Kasiman, dan Malo. Jumlah penghulu di beberapa kecamatan juga belum ideal. ''Misalnya, di Dander yang seharusnya punya tiga penghulu, tapi hanya terisi dua,'' katanya. 

Mahfuri menuturkan tidak bisa memenuhi kekurangan tersebut dengan merekrut tenaga baru. Sebab, penghulu tersebut harus berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Penghulu diangkat dan diberhentikan oleh pemerintah pusat. ''Jadi, kami tidak bisa mengangkat penghulu sendiri,'' ujarnya. 

BOJONEGORO - Bojonegoro masih kekurangan tenaga penghulu. Berdasar catatan Kemenag Bojonegoro, terdapat sembilan kecamatan yang saat ini belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News