Semen Baturaja Optimistis Kinerja 2019 Bakal Moncer

Semen Baturaja Optimistis Kinerja 2019 Bakal Moncer
Semen Baturaja. Foto dok Kementerian BUMN

jpnn.com, JAKARTA - PT Semen Baturaja (SMBR) akan terus berusaha menjaga pertumbuhan volume penjualan di atas 20 persen yang pada tahun ini ditargetkan mencapai 2,75 juta ton atau tumbuh 26 persen dibanding 2018 sebesar 2,18 juta ton.

Seiring dengan berjalannya Pemilu pada 2019, SMBR optimistis bisa menjaga pertumbuhan volume penjualan seiring dengan besarnya kue market share di wilayah perseroan.

“Demand untuk wilayah pemasaran kami di Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung pada 2018 mencapai 6,9 juta ton, tumbuh 9 persen dibanding 2017, sehingga kami optimis target 2,75 juta ton dapat tercapai," ujar Direktur Utama SMBR Jobi.

Karena itu, Semen Baturaja optimistis prospek permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan akan terus meningkat seiring dengan beroperasinya jalan tol trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang yang dijadwalkan akan beroperasi April 2019.

"Kami mengharapkan multiplier effect dari pembangunan infrastruktur pemerintah yang diharapkan akan memunculkan sentra ekonomi baru di sepanjang jalan tol tersebut yang nantinya akan mendongkrak konsumsi semen. Kami juga masih menantikan proyek jalan tol berikutnya seperti Palembang-Bengkulu dan Palembang-Jambi," kata Jobi.

Dari sisi operasional, SMBR saat ini memiliki dua pabrik di Baturaja dengan kapasitas produksi 3,85 juta ton/tahun. 

Selain itu, pemenuhan kebutuhan armada angkutan semen juga sudah terpenuhi pada November tahun lalu yang menambah optimisme manajemen untuk mencapai target tahun ini.

Dari sisi kinerja keuangan, SMBR menargetkan pertumbuhan laba bersih setelah sebelumnya laba bersih mengalami konsolidasi pada tiga tahun terakhir. 

Semen Baturaja terus berusaha menjaga pertumbuhan volume penjualan di atas 20 persen yang pada tahun ini ditargetkan capai 2,75 juta ton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News