Semoga Pak Jokowi Sepenuh Hati Membela Rakyat Palestina

Semoga Pak Jokowi Sepenuh Hati Membela Rakyat Palestina
Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT OKI di Istanbul, Turki. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) TB Massa Jafar mengatakan, Presiden Joko Widodo semestinya menunjukkan sikap yang lebih agresif dalam membela Palestina. Dengan demikian, publik juga melihat mantan gubernur DKI itu memang sepenuh hati dalam memperjuangkan rakyat Palestina yang kini dalam pendudukan Israel.

Jafar mengatakan, sikap galak presiden yang beken disapa Jokowi itu dalam menentang penjajahan Israel atas Palestina akan berefek pada elektabilitasnya. Sayangnya, Jokowi justru tak hadir pada Aksi Bela Palestina di kawasan Monas, Minggu lalu (17/12).

"Presiden Jokowi sebaiknya tak lagi menarik jarak. Misalnya pada Aksi Bela Palestina yang digelar di Monas kemarin, presiden harusnya hadir," ujar Jafar kepada JPNN, Rabu (20/12).

Direktur Program Doktoral Ilmu Politik Sekolah Pascasarjana Unas itu menambahkan, tak ada risiko politik bagi Jokowi andai ikut Aksi Bela Palestina. Sebab, isunya adalah tentang kemanusiaan yang universal.

"Malah seharusnya presiden yang menjadi tokoh utama dalam aksi kemarin," ucapnya.

Meski demikian Jafar menilai langkah-langkah Presiden Jokowi dalam menanggapi isu Palestina sudah cukup baik. Bahkan, Jokowi secara terbuka mengajak negara-negara lain melakukan hal yang sama. Hanya saja langkah tersebut perlu diikuti terobosan lain. 

"Kalau bisa, Presiden Jokowi mengevaluasi kekeliruan apa yang telah dilakukan, yang dianggap berseberangan dengan kelompok Islam selama ini," pungkas Koordinator Program Doktoral Ilmu Politik Sekolah Pasca sarjana Universitas Nasional ini.(gir/jpnn)

 


Presiden Joko Widodo semestinya menunjukkan sikap yang lebih agresif dalam membela Palestina. Dengan demikian Jokowi memang sepenuh hati membela Palestina.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News