Ikut Aksi Bela Palestina Bukti Anies Setia pada Pemilihnya

Ikut Aksi Bela Palestina Bukti Anies Setia pada Pemilihnya
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis (26/10). Foto: Gerindra Media Center

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik TB Massa Jafar menilai keikutsertaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (17/12) punya makna politis. Jafar menyebut Anies tak hanya hendak menunjukkan simpatinya pada rakyat Palestina, tetapi juga hendak memperlihatkan bahwa mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu tetap bersama pendukungnya saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI.

"Saya kira mayoritas yang hadir, sebelumnya merupakan massa yang mendukung Anies terpilih. Jadi, dia menunjukkan tetap ada di pihak pendukungnya yang mayoritas di situ," ujar Jafar kepada JPNN, Rabu (20/12). 

Direktur Program Doktoral Ilmu Politik Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (Unas) itu meyakini kehadiran Anies makin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinannya. Paling tidak, kata Jafar, mantan rektor Universitas Paramadina itu menunjukkan kepeduliannya terhadap isu-isu yang berkaitan dengan umat Islam.

Anies, kata Jafar, makin diuntungkan karena tak ada tokoh lain yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden hadir dalam Aksi Bela Palestina kemarin. “Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap elektoralnya dan bukan tidak mungkin dukungan agar dirinya maju sebagai calon presiden semakin menguat," ucapnya.

‎Namun, sambung Jafar, banyak hal yang memengaruhi elektabilitas Anies jika nantinya mau maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Sebab, elektabilitas tak bisa diangkat hanya dengan ikut aksi dan menyuarakan keprihatinan terhadap isu tertentu.(gir/jpnn)


Pengamat politik menilai keikutsertaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Aksi Bela Palestina di Monas pada Minggu lalu (17/12) sarat pesan politik.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News