Semoga Suasana Kondusif Idulfitri Berlanjut di Tahun Politik

Semoga Suasana Kondusif Idulfitri Berlanjut di Tahun Politik
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mewanti-wanti semua kalangan agar bisa menjaga suasana kondusif jelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Untuk itu, Bamsoet -panggilan akrabnya- mengharapkan suasana Idulfitri tetap aman dan jauh dari provokasi sehingga pelaksanaan Pilkada di 171 daerah juga tetap kondusif.

“Sebagai pimpinan DPR saya mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga suasana politik tetap kondusif. Jangan menghiraukan pernyataan-pernyataan bernuansa provokatif,” ujar Bambang melalui layanan pesan, Kamis (14/6).

Legislator Partai Golkar itu menambahkan, umat Islam juga akan merayakan Idulfitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan. Menurutnya, kekhusyukan Ramadan dan Idulfitri tidak boleh dirusak dengan berbagai provokasi.

“Menjejali ruang publik dengan pernyataan dirasakan sangat tidak etis. Jangan mengganggu masyarakat yang sedang menyiapkan perayaan Idulfitri,” tegasnya.

Bamsoet menegaskan, demokrasi sudah menjadi pilihan final di Indonesia. Sejauh ini, katanya, praktik demokrasi dan suasana kebangsaan juga sangat kondusif.

Pilkada, pemilu legislatif ataupun pemilihan presiden pun sudah terjadwal. Untuk memilih presiden juga sudah ditetapkan jadwal dan mekanismenya.

“Jadi bukan dengan melancarkan kata-kata kasar dan menyerang ke sana-kemari. Terlalu mahal dan juga di luar jangkauan akal sehat jika rakyat harus diadudomba,” tegasnya.

Bamsoet menuturkan, praktik politik yang penuh provokasi, adu domba dan anarkistis bukanlah budaya masyarakat Indonesia. Karena itu, katanya, DPR akan bersama-sama pemerintah dengan dukungan penuh TNI dan Polri memastikan jalan demokrasi tetap terjaga dalam suasana kondusif.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, kekhusyukan Ramadan dan Idulfitri tidak boleh dirusak dengan berbagai provokasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News