Semua Menlu Negara G20 Hadiri Forum di Bali, Pertemuan Diperkirakan Memanas saat Bahas Perang Rusia-Ukraina

Semua Menlu Negara G20 Hadiri Forum di Bali, Pertemuan Diperkirakan Memanas saat Bahas Perang Rusia-Ukraina
Menlu Rusia Sergei Lavrov melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China Wang Yi di Denpasar, Kamis (7/07/2022), di sela-sela Pertemuan Puncak Menlu Negara G20.  (Kemenlu Rusia: via REUTERS)

Pertemuan Puncak Menteri Luar Negeri Negara G20 akan digelar di Bali, Jumat (08/07) sore hari ini, mempertemukan untuk pertama kalinya para Menlu sejak perang Ukraina dimulai pada akhir Februari.

Menlu RI Retno Marsudi hari Kamis menegaskan, sebagai tuan rumah, Indonesia ingin memastikan terciptanya "suasana yang nyaman bagi semua pihak" dan berharap forum ini dapat menciptakan kemajuan dalam mengakhiri perang. 

Isu perang Ukraina tampaknya tidak terelakkan dan akan memanaskan suasana forum.

Sebelumnya, Menlu Amerika Serikat, Menlu Australia, dan Menlu negara-negara Eropa, menyatakan forum ini tidak akan berlangsung "seperti biasanya", namun mereka tak mengatakan apa yang mungkin terjadi.

Invasi Rusia ke Ukraina telah membayang-bayangi kepemimpinan Indonesia atas G20 tahun ini, bahkan sempat muncul spekulasi boikot dari beberapa negara serta dan walk out Menteri Keuangan sejumlah negara saat bertemu di Washington pada bulan April.

"Pertemuan ini adalah yang pertama kalinya, sejak 24 Februari, di mana semua aktor utama duduk di ruangan yang sama," kata Menlu Retno, merujuk pada saat dimulainya invasi Rusia.

Sikap AS dan Australia

Menurut laporan kantor berita Reuters, seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS pada hari Kamis (07/07) menegaskan pentingnya mencegah "gangguan atau interupsi" pada agenda G20.

Namun pejabat itu menambahkan, tidak ada yang bisa melegitimasi tindakan "brutal" Rusia terhadap Ukraina.

Pertemuan Puncak Menteri Luar Negeri Negara G20 akan digelar di Bali, Jumat (08/07) sore hari ini, mempertemukan untuk pertama kalinya para Menlu sejak perang Ukraina dimulai pada akhir Februari

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News