Senyum Sehat Bikin Percaya Diri Meningkat

Senyum Sehat Bikin Percaya Diri Meningkat
Ilustrasi - dokter sedang memeriksa kesehatan gigi pasien. Foto Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Studi yang diterbitkan oleh Cigna, sebuah organisasi layanan kesehatan dunia pada 2019, menunjukkan jika terdapat hubungan antara kesehatan mulut dan kepercayaan diri.

Studi itu mencatat senyum dan kesehatan mulut memiliki dampak pada kepercayaan diri mereka, sekitar 93 persen.

Namun, 15 persen menyatakan tidak sama sekali atau tidak terlalu puas, dan 16 persen mengatakan senyum mereka merusak kepercayaan diri mereka.

Dalam studi tersebut, para peneliti juga mencatat bahwa orang dewasa yang memiliki perawatan ke dokter gigi secara rutin dua kali atau lebih per tahun tingkat kepercayaan dirinya jauh lebih tinggi daripada orang yang melakukan perawatan gigi kurang dari sekali setahun atau tidak sama sekali .

Chief Orthodontist Klar Smile drg. Adelia Susanto MM. Sp. Ort mengatakan bahwa senyum yang indah bukan hanya soal estetika, tetapi juga mencerminkan kesehatan gigi dan mulut yang sehat.

Perawatan gigi yang dilakukan secara konsisten dan menjadikannya sebuah rutinitas sehari-hari merupakan kunci untuk mendapatkan senyuman sehat. Dengan mengabaikan perawatan gigi dan mulut dapat menyebabkan masalah serius, seperti penyakit gusi, karies, infeksi mulut dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

"Mulai membiasakan smile routine setiap hari seperti saat kita melakukan perawatan kulit (skincare) dan tubuh (bodycare) dapat menjadi langkah awal memiliki senyum yang indah, sebab senyum yang indah dapat terwujud salah satunya dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat,” papar Adelia.

Dokter gigi spesialis ortodonti asal Indonesia yang menerima AACA fellowship (American Academy of Clear Aligners) itu mengatakan sudah banyak produk perawatan gigi yang bisa digunakan dengan mudah di rumah untuk mencapai hasil senyuman sehat dan percaya diri.

Studi yang diterbitkan oleh Cigna, sebuah organisasi layanan kesehatan dunia pada 2019, menunjukkan jika terdapat hubungan antara kesehatan mulut dan kepercayaa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News