Sepak Bola Nasional dan PSSI Dihantam Badai Ujian, Iwan Bule: Jangan Terpecah Belah

Sepak Bola Nasional dan PSSI Dihantam Badai Ujian, Iwan Bule: Jangan Terpecah Belah
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto : Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini sepak bola nasional dan PSSI kembali sedang menghadapi ujian pascaterjadinya tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu.

Untuk itu alangkah baiknya stakeholder sepak bola mampu bergandengan tangan dan bersama-sama menghadapinya agar ujian ini bisa segera terlewati, sehingga tidak ada gesekan antar-anggota PSSI yang berujung terpecah belah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara Owner Meeting Liga 2 yang berlangsung di Hotel Sultan, Rabu (14/12/2022).

"Ujian pertama sebenarnya saat pandemi Covid-19, tak hanya melanda Indonesia, tetapi seluruh penjuru dunia. Ekonomi dunia terhantam badai yang berdampak pada seluruh sendi kehidupan manusia termasuk kehidupan sepak bola Nasional dan sejak Maret 2020 sampai dengan September 2021, PSSI juga mengalami hantaman badai pandemi Covid-19. Sepakbola Nasional dalam keadaan vakum total," ucap Mochamad Iriawan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga mengatakan bahwa dirinya merupakan satu-satunya Ketua Umum PSSI yang mendapat ujian Covid-19.

Sehingga tidak ada tukar pengalaman kepada Ketua Umum sebelumnya, karena tidak ada Ketua Umum yang berpengalaman memimpin PSSI dalam masa pandemi. Tidak ada yang tahu bagaimana susahnya menjalankan roda organisasi PSSI di masa pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi hantaman badai Covid-19 lalu, saya berpikir keras agar organisasi PSSI yang saya ketuai harus tetap berjalan. Saya berusaha agar tidak ada klub yang terlalu merugi karena kompetisi terhenti dan pemain sebagai unsur klub juga masih bisa mendapat penghidupan yang layak," tuturnya.

"Alhamdulillah, ujian Covid-19 dapat diatasi. Kompetisi baru bisa dilaksanakan dalam masa pandemi sejak September 2021. Kondisi ini tercipta karena PSSI selalu mengedepankan komunikasi dengan pemerintah yakni dengan Bapak Presiden Joko Widodo, Menpora, Menkes, Mendagri, BNPB, Satgas Covid-19 Nasional, TNI, Polri, dan tentunya dengan pemerintah daerah," ucapnya.

Saat ini sepak bola nasional dan PSSI kembali sedang menghadapi ujian pascaterjadinya tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News