Sepekan, Gempa Guncang Timur Indonesia

Sepekan, Gempa Guncang Timur Indonesia
Sepekan, Gempa Guncang Timur Indonesia
KENDARI - Gempa mengguncang Indonesia bagian timur pada sepekan terakhir. Minggu (28/11), gempa berkekuatan 4,4 skala richter (SR) terjadi di Kendari Sulawesi Tenggara. Gempa itu berada di kedalaman 12 km dengan posisi 16 km di barat daya Kendari. Untungnya, gempa-gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa juga terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara. Gempa di provinsi yang beribukota Manado itu berkekuatan 5,7 SR, dengan kedalaman 241 km. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Sulut sepanjang Minggu hari ini terjadi dua kali. Gempa kedua berkekuatan 6,0 SR.

Gempa juga menghantam Saumlaki, Maluku. Gempa berkekuatan 5,3 SR itu terjadi di kedalaman 160 km dari timur laut Saumlaki, Maluku. Kekuatan gempa di Saumlaki hanya selisih satu angka dengan gempa di Ambon, Maluku. Gempa 5,2 SR itu terjadi Sabtu (27/11), pukul 05.12 Wit.

Pada 27 November 2010, gempa berkekuatan 5,5 SR dengan kedalaman 25 km juga terjadi di Fakfak, Irian Barat. Gempa itu berada di posisi 144 km dari barat daya Fakfak. Sebelumnya, gempa 5,1 SR terjadi di tenggara Biak dan gempa 5,2 SR di Saumlaki, Papua.(gus/jpnn)


KENDARI - Gempa mengguncang Indonesia bagian timur pada sepekan terakhir. Minggu (28/11), gempa berkekuatan 4,4 skala richter (SR) terjadi di Kendari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News