Sepertinya Aksi 55 Bakal Sukses Mengumpulkan Massa

Sepertinya Aksi 55 Bakal Sukses Mengumpulkan Massa
Unjuk rasa umat Islam. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI) Risalwan Lubis memprediksi Aksi 55 besok (5/5) bakal mendapat sambutan positif dari sebagian besar masyarakat.

Merujuk pada aksi-aksi sebelumnya yang diprakarsai Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), kemungkinan Aksi 55 dengan tuntutan memenjarakan Gubernur DKI Basuki T Purnama akan memperoleh dukungan luas.

"Jika melihat pengalaman Aksi 212 dan 411, saya kira simpati masyarakat (pada Aksi 55, red) akan cukup tinggi. Terlepas dari dampak teknis lapangan berupa kemacetan dan potensi provokasi yang mungkin terjadi," ujarnya kepada JPNN, Kamis (4/5).

Menurut Risalwan, Aksi 55 bakal mendapat simpati karena publik melihat dan mendengar lewat media massa bahwa penguasa terkesan menjadikan Islam sebagai lawan yang nyata. Massa peserta aksi-aksi sebelumnya melihat persoalannya bukan kasus Ahok semata.

"Ini tentunya menjadi alasan yang kuat bagi umat Islam melakukan respons perlawanan pada aksi pemilitikan hukum oleh rezim saat ini," ucapnya.

Melihat kondisi yang ada, Risalwan mengatakan, aksi damai umat Islam besar-besaran perlu menjadi pertimbangan bagi pranata hukum dalam memutus perkara Ahok. "Paling tidak, untuk melihat tuntutan rasa keadilan dari kejanggalan proses hukum yang tampaknya sarat dengan pengaruh politis," pungkas Risalwan.(gir/jpnn)


Pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI) Risalwan Lubis memprediksi Aksi 55 besok (5/5) bakal mendapat sambutan positif dari sebagian besar


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News