Seragam Jamaah Haji Diganti Batik

Seragam Jamaah Haji Diganti Batik
Seragam Jamaah Haji Diganti Batik
JAKARTA - Setelah sekian lama jamaah haji Indonesia menggunakan seragam warna hijau telur asin, mulai 2011 ini seragam tersebut akan diganti dengan seragam batik. Sebenarnya tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) sudah ingin mengganti seragam jamaah haji tersebut, namun dibatalkan karena waktu yang sangat sempit.

Desain batik haji memberikan gambaran tentang bersatunya kebudayaan Indonesia walaupun berbeda suku dan adat. Motif baju berwarna hijau tosca dipadu ungu tersebut diambil dari ornamen-ornamen pulau-pulau besar di Indonesia. Seperti bunga rafflesia dari Sumatera, perisai dari Kalimantan, lereng atau parang dari Jawa, dan tanaman rambat dari Indonesia Timur.

Latar belakang seragam berwarna hijau sebagai lambang jambrud khatulistiwa. Warna hijau juga merupakan warna Islam bagi bangsa Indonesia. Juga ada warna ungu yang menjadi perlambang warna untuk masing-masing ornamen dari pulau-pulau besar.

Menteri Agama Suryadarma Ali mengatakan, kebijakan mengenai seragam batik merupakan salah satu upaya untuk menghadirkan ciri khas jamaah haji Indonesia dalam semangat Islami yang mencerminkan identitas nasional.

JAKARTA - Setelah sekian lama jamaah haji Indonesia menggunakan seragam warna hijau telur asin, mulai 2011 ini seragam tersebut akan diganti dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News