Selasa, 18 Juni 2019 – 01:55 WIB

Sergio Marchionne Didapuk Penghargaan Tokoh Otomotif Paling Berpengaruh

Kamis, 07 Maret 2019 – 01:07 WIB
Sergio Marchionne Didapuk Penghargaan Tokoh Otomotif Paling Berpengaruh  - JPNN.COM

jpnn.com - Lebih dari 80 juri World Car Award dari 24 negara memilih mendiang Sergio Marchionne sebagai penerima penghargaan World Car Person of the Year 2019, yang berlangsung di Geneva Motor Show, Selasa (5/3) lalu.

Marchionne menyisihkan eksekutif, perancang, insinyur, dan pengusaha lain yang berpengaruh di industri otomotif dunia.

BACA JUGA: Selamat Jalan Ikon Ferrari: Sergio Marchionne

Sergio Marchionne wafat pada Juli 2018 lalu. Jabatan terakhir Marchionne ialah CEO Fiat Chrysler Automobile (FCA), Ketua CNH Industrial; dan Chief and CEO Ferrari.

Penghargaan dilakukan di booth FCA yang diterima oleh pengganti Marchionne di FCA yakni Mike Manley.

“Ini suatu kehormatan bagi saya untuk menerima pengakuan ini dari juri World Car Awards, dibuat secara anumerta untuk Sergio Marchionne,” kata Mike, lansir Reuters.

“Dia bukan orang yang sombong atau rewel, lebih suka bertugas di perusahaan yang dipimpinnya selama 14 tahun dan membina tim kepemimpinan untuk membawa warisannya ke depan."

Juri World Car memilih Marchionne, kelahiran Italia dan Kanada, atas jasanya di bidang industri otomotif. Pria kelahiran 1952 itu telah menjadi sosok yang berjasa menyelamatkan Fiat Group dari kebangkrutan, saat menjalin aliansi dengan Chrysler. Sejak itu, harga saham Fiat terus meningkat berkali-kali lipat.

Marchionne diangkat menjadi anggota independen dari Board of Director Fiat pada 2003, yang pada setahun kemudian ditunjuk menjadi CEO. Jabatan sebagai CEO Chrysler dipegangnya mulai tahun 2009, sebelum akhirnya menyatukan Fiat dan Chrysler pada tahun 2014. (mg8/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar