Rabu, 26 September 2018 – 16:26 WIB

Sering Lupa Saat Hamil? Baca Penjelasannya!

Minggu, 09 September 2018 – 12:34 WIB
Sering Lupa Saat Hamil? Baca Penjelasannya! - JPNN.COM

jpnn.com - Survei telah menemukan bahwa sekitar 64 persen ibu hamil melaporkan berjuang lebih untuk menemukan kata-kata yang tepat atau fokus pada tugas-tugas yang dihadapi daripada sebelum mereka hamil.

Jika Anda pernah menemukan diri Anda benar-benar kehilangan kata-kata saat hamil atau Anda merasa seperti Anda lupa untuk menemui dokter kandungan, berarti Anda tidak sendirian.

Tapi mengapa itu terjadi? Apakah ada penjelasan biologis nyata untuk apa yang dijuluki "pregnancy brain"?

Meskipun wanita hamil mungkin melihat perubahan dalam ingatan mereka, ada sejumlah adaptasi perilaku lain yang terjadi yang mungkin tidak jelas, seperti peningkatan kesadaran akan potensi ancaman.

Memang, kehamilan dan postpartum dini menyebabkan perubahan besar pada otak ibu.

"Ini adalah waktu dalam hidup Anda di mana otak Anda adalah yang 'paling plastik' selama masa dewasa," kata Jodi Pawluski, seorang rekan peneliti yang mempelajari kesehatan mental ibu di Universitas Rennes 1 di Perancis, Fox News, Kamis (6/9).

"Membesarkan anak dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka membutuhkan otak orang tua untuk membentuk koneksi neurologis baru yang mendukung tanggung jawab yang tidak biasa ini," jelas Pawluski.

Perubahan itu juga bertahan, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nature menggunakan scan MRI untuk menunjukkan bahwa pola spesifik materi abu-abu atau sel otak, perubahan pada wanita hamil dan perubahan tersebut berlangsung setidaknya dua tahun setelah mereka melahirkan.

SHARES
TAGS   Ibu Hamil
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar