Serius Garap Potensi Kopi Arabika

Serius Garap Potensi Kopi Arabika
Serius Garap Potensi Kopi Arabika

MALANG- Pemkab Malang memberikan perhatian kepada petani Kopi Arabika di kawasan Amtirdam (Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit). Baru-baru ini, Pemkab melakukan tanam perdana Kopi Arabika di kawasan tersebut. Bisnis kopi Arabika diyakini prospeknya sangat menjanjikan bila diimbangi dengan perhatian dari pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Malang, Purwanto mengatakan, pihaknya akan serius dalam memberikan perhatian kepada perkembangan kopi Arabika.

Langkah pertama dengan melakukan tanam perdana pohon kopi Arabika kawasan Amtirdam. Kata Pruwanto, ada lahan seluas 298 hektar tersebar di lima desa di Kecamatan Tirtoyudo dan Ampelgading yang menjadi sasaran penanaman. “Tak hanya di Malang selatan, kami akan mengembangkan kopi jenis ini di Kecamatan Lawang,” jelasnya.

Untuk tahap awal pengembangan Kopi Arabika di Lawang, Dinas Pertanian dan Perkebunan sudah melakukan survei lokasi penanaman ini. Kopi jenis itu, menurut Purwanto cocok untuk dikembangkan di kawasan berketinggian diatas 800 meter. Di Lawang banyak daerah yang sesuai dengan kriteria itu, misalnya saja di Wonosari.“Kopi Arabica ini memiliki nilai ekonomi tinggi. Kita akan mengembangkan jenis yang bisa tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 800 meter diatas permukaan laut,” paparnya.

MALANG- Pemkab Malang memberikan perhatian kepada petani Kopi Arabika di kawasan Amtirdam (Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit). Baru-baru ini, Pemkab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News