Rabu, 19 September 2018 – 18:05 WIB

Serunya Yoga di Outdoor

Minggu, 07 Januari 2018 – 14:51 WIB
Serunya Yoga di Outdoor - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Yoga memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan di luar ruangan. Rasa bosan pun dijamin hilang. Hal itu yang dirasakan para yogi expert yang berkumpul di CitraLand Utama Road. Grup yang terdiri atas 10 instruktur yoga itu memiliki agenda rutin untuk berbagi ilmu dan berlatih. 

Para instruktur yoga berkumpul sejak pukul 05.30. Satu per satu mereka yang didominasi warga CitraLand datang dan langsung menggelar matras di trotoar. Embusan udara pagi dan hangatnya sinar matahari menembus pepohonan di sekitar area. "Nah, kalau gini kan ada suasana baru. Nggak ngajar yoga di dalam ruangan terus," ucap salah seorang instruktur, Caroline Angkawidjaja. 

Walau berprofesi sebagai instruktur dari berbagai club house dan fitness center, tak ada aroma persaingan di dalam grup pertemanan tersebut. "Kami semua sama. Awalnya juga amatir. Latihan bersama sampai jadi instruktur ini butuh waktu," kata instruktur lain, Cindy Aja. 

Diskusi berlangsung santai sembari melakukan pemanasan. Deretan obrolan seputar gerakan yoga, pakaian olahraga, tekstur matras, hingga hal-hal di luar itu terucap begitu saja. Salah satu topik menarik yang menjadi perbincangan adalah kapha yoga. 

Kapha yoga adalah salah satu yoga yang banyak diterapkan di berbagai club house tempat para instruktur tersebut mengajar. Kapha yoga merupakan singkatan dari Koko Asana Principle Of Human Body Aligment (KAPHA). Yoga tersebut dikembangkan pada 2013. 

Jenis yoga itu merupakan pengembangan dari deretan gerakan yang sudah ada. Misalnya, gerakan andalan pose warrior yang dikembangkan menjadi front warrior. 

Satu per satu instruktur pun mengenalkan pose-pose andalan mereka. Dimulai dari Caroline Angkawidjaja dengan pose Garudasana yang juga dikenal sebagai eagle pose. Pose Garudasana sangat mengandalkan keseimbangan tubuh. Karena itu, untuk dapat melakukannya, yogi harus fokus, tenang, dan mengarahkan pandangan lurus ke depan. Pose itu dibentuk dengan berdiri di salah satu kaki. Kaki yang tidak menjadi tumpuan disilangkan. 

Setelah Caroline mengajak para yogi berpose, giliran Inna Laksadien memandu pose side plank. Inna merupakan salah seorang instruktur yang mengajar di studionya sendiri, Sadana Yoga Studio. Dia menekuni yoga sejak 2012. Perempuan asal Makassar tersebut mengajar yoga empat hingga lima kali dalam seminggu. (esa/c21/tia/jp/jpnn)

SHARES
TAGS   Manfaat Yoga
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar