Setelah Ditolak Pakde Karwo, Muncul Usulan Ini

Setelah Ditolak Pakde Karwo, Muncul Usulan Ini
Siswa SMU. Ilustrasi Foto: Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Gubernur Jatim Soekarwo telah menolak penganggaran dana bantuan operasional pendidikan daerah (bopda) untuk SMA/SMK Rp 180 miliar dalam APBD Kota Surabaya 2017.

Kini muncul usulan opsi lain. Yakni penganggaran skema bantuan khusus siswa miskin (BKSM) agar siswa kurang mampu di Surabaya tetap bisa sekolah dengan gratis.

M Baehaqi Almuthoif - Radar Surabaya

Anggota Badan Anggaran DPRD Surabaya Reni Astuti mengatakan, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, hasil evaluasi gubernur terhadap APBD Kota Surabaya harus dilaksanakan.

Jadi anggaran untuk pendidikan menengah sebesar Rp 500 miliar, termasuk bopda Rp 180 miliar di dalamnya dilarang untuk direalisasikan.

Oleh karenanya, politikus asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyarankan agar digunakan skema BKSM kepada siswa.

“Saya bilang, itu kebijakan berisiko (bila tetap menganggarkan bopda dalam APBD, Red). Karena memang tidak sesuai dengan UU,” ujar Reni, Kamis (29/12).

Menurutnya, evaluasi yang diberikan oleh gubernur Jatim memiliki ketetapan hukum, dan bisa dilakukan pencoretan jika tetap dianggarkan pada APBD.

JPNN.com - Gubernur Jatim Soekarwo telah menolak penganggaran dana bantuan operasional pendidikan daerah (bopda) untuk SMA/SMK Rp 180 miliar dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News