Setelah Masker dan Sanitizer, Kini Giliraan Harga Helm Melonjak Tidak Wajar

Setelah Masker dan Sanitizer, Kini Giliraan Harga Helm Melonjak Tidak Wajar
Ilustrasi helm. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, BEIJING - Beberapa waktu lalu, harga masker dan cairan pembersih tangan di Tiongkok sempat melambung. Kini fenomena yang sama juga terjadi dengan harga helm

Tiongkok akan menindak pihak-pihak yang merekayasa informasi tentang kenaikan harga helm, menimbun dan mencatut, menaikkan harga secara tidak wajar dan pelanggaran lainnya. Mereka yang diduga melakukan kejahatan terkait akan diserahkan ke unit keamanan publik untuk diselidiki.

Pernyataan tersebut disampaikan regulator perdagangan Tiongkok setelah menemukan lonjakan harga helm yang tidak wajar dalam beberapa hari terakhir.

Penjualan helm di platform e-commerce terkemuka Tiongkok, JD.com, melonjak 400 persen pada bulan ini. Omzet di daerah tingkat provinsi seperti Jiangsu, Henan, Tianjin dan Yunnan bahkan mencapai 10 kali lipat lebih dari periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan harga ini terjadi seiring dengan diluncurkannya kampanye Kementerian Keamanan Publik yang menyerukan pengendara sepeda motor dan sepeda listrik untuk mengenakan helm pengaman. Sementara pengendara mobil dan penumpang diharuskan untuk memakai sabuk pengaman.

Mulai 1 Juni, mengendarai sepeda motor tanpa helm dan mengemudi atau menaiki mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman akan dijatuhi hukuman. Pengendara sepeda listrik juga akan diminta untuk mengenakan helm. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Beberapa waktu lalu, harga masker dan cairan pembersih tangan sempat melambung. Kini fenomena yang sama juga terjadi dengan harga helm


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News