Setiap Menit Lahir 11 Bayi

Setiap Menit Lahir 11 Bayi
Setiap Menit Lahir 11 Bayi
MATARAM –Setiap menit ada 11bayi yang lahir di Indonesia. Dalam setahun bayi lahir mencapai 4,5 – 5 juta. Sedangkan orangtua yang meninggal hanya 1 – 1,5 juta jiwa per tahun. Kondisi ini menempatkan posisi demografi Indonesia pada level yang cukup rawan. Jika tidak segera diatasi, ledakan penduduk akan menjadi masalah besar yang dihadapi bangsa ini.

Dilihat dari jumlah penduduk, Indonesia masuk urutan keempat dunia. Pertama, China dengan jumlah penduduk 1,3 miliar. India 850 juta jiwa, RRC 400 juta jiwa dan Indonesia 237,6 juta jiwa. ‘’Menekan angka pertumbuhan penduduk, harus ditempuh dengan jangan 4 T,’’ kata Faozan Alfikri, M.KM, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, BKKBN pusat kepada Lombok Post (grup JPNN).

Pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1,49 persen pertahun, kata Faozan harus dicegah dengan jangan 4T. Yaitu jangan terlalu muda hamil, usia minimal bagi calon ibu adalah 20 tahun baru boleh hamil. ‘’Kawin 16 tahun sudah diperbolehkan menurut undang-undang, tetapi kehamilannya yang harus ditunda,’’ kata Faozan.

Kedua, jangan terlalu sering melahirkan. Jarak kelahiran diatur antara 4-5 tahun. Ketiga, jangan terlalu banyak melahirkan. Dua anak lebih baik. Dan yang keempat, jangan hamil pada usia yang terlalu tua. ‘’Di atas 35 tahun mestinya jangan lagi hamil,’’ jelasnya.

MATARAM –Setiap menit ada 11bayi yang lahir di Indonesia. Dalam setahun bayi lahir mencapai 4,5 – 5 juta. Sedangkan orangtua yang meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News