Setop Kekerasan, Luqman Hakim Minta Kapolri Tarik Polisi dari Desa Wadas

Setop Kekerasan, Luqman Hakim Minta Kapolri Tarik Polisi dari Desa Wadas
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim minta aparat setop kekerasan di Desa Wadas dan tarik polisi dari daerah di Purworejo, Jateng itu. Foto: dokpri Luqman Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim angkat bicara menanggapi pengepungan dan penangkapan puluhan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) oleh polisi.

Legislator Dapil VI Jateng itu memberikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang merespons cepat permintaan banyak pihak dengan memerintahkan pembebasan puluhan warga Desa Wadas yang ditangkap dan ditahan polisi.

Luqman juga meminta Kapolri perlu menyikapi desakan NU, Muhammadiyah, DPR dan kelompok masyarakat lainnya, agar menghentikan represi polisi kepada warga.

"Sekaligus saya minta agar Kapolri menarik seluruh pasukan polisi dari Desa Wadas dan sekitarnya. Ketika rakyat telah menjadi korban, apa pun dalil yang dipakai, pasti tidak bisa diterima akal sehat dan hati nurani," kata Luqman dalam keterangan yang diterima JPNN.com, Rabu (9/2),

Politikus PKB itu menyatakan kekerasan aparat polisi hanya melengkapi derita dan kesengsaraan warga yang selama ini telah manjadi korban agitasi para provokator dan hasutan makelar kasus (markus) yang menunggangi permasalahan pembebasan lahan milik warga.

Untuk memulihkan suasana damai dan tenteram di Desa Wadas dan sekitarnya, Luqman Hakim meminta Badan Intelijen Negara (BIN) mengerahkan sumber daya secukupnya guna melakukan identifikasi pihak-pihak yang selama ini memperkeruh situasi di Desa Wadas.

Sebab, kata Luqman, terdapat indikasi adanya hasutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab kepada warga di Desa Wadas, guna mencari keuntungan finansial dari transaksi pembebasan tanah milik rakyat calon lokasi tambang di Desa Wadas.

"Mereka inilah, para provokator dan markus, yang seharusnya ditangkap polisi, bukannya warga desa biasa yang tidak bersalah," tegas ketua PP GP Ansor itu.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim minta aparat setop kekerasan di Desa Wadas dan tarik polisi dari daerah di Purworejo, Jateng itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News