Sewa Pemondokan Haji 2010 Tuntas

Sewa Pemondokan Haji 2010 Tuntas
Sewa Pemondokan Haji 2010 Tuntas
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya menuntaskan proses penyewaan maktab atau pemondokan bagi jamaah haji. Hingga tadi malam, dipastikan bahwa sebanyak 368 rumah telah positif disewa pemerintah sebagai maktab jamaah haji 2010. Dari Jumlah itu, 60 persen ada dalam kompleks Ring I dan sisanya yakni 40 persen ada dalam ring II. Kompleks Ring I berjarak maksimal 4 kilometer (km) dari Masjidilharam sedangkan Ring II berjarak maksimal 7 km.

"Sekarang tinggal mencari rumah cadangan yakni 1 persen dari total maktab dengan kapasitas 2 ribu orang. Rumah itu disiapkan untuk evakuasi dalam keadaan darurat," ujar Setdirjen Haji dan Umrah Kemenag, Abdul Ghafur Djawahir di Jakarta kemarin (26/5).

Menurut dia, paling lambat pekan depan ketersediaan rumah cadangan untuk evakuasi itu akan terpenuhi. Sehingga misi penyewaan maktab sudah tuntas secara keseluruhan. Rencananya maktab cadangan yang berkapasitas 2 ribu orang itu akan diupayakan untuk ada di wilayah Ring I. "Walaupun cadangan tapi kami prioritaskan mendapatkan di Ring I," kata dia.

Kemenag, kata dia, lebih fokus untuk menyelesaikan perolehan maktab karena hal itu yang menjadi fokus evaluasi kinerja penyelenggaraan haji 2009 silam. Kemenag, telah menerima masukan dari BPK, KPK, BPKP, DPR RI, dan DPD terkait problem maktab yang tahun lalu memang mengecewakan. Tercatat hanya 26,8 persen Maktab yang ada di Ring I sedangkan sisanya 73,2 persen jamaah haji 2009 harus rela tinggal di Ring II. "Setelah selesai (penyewaan maktab) di Makkah kami sekarang tinggal fokus ke Madinah," kata Alumnus Universitas Al Azhar tersebut.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya menuntaskan proses penyewaan maktab atau pemondokan bagi jamaah haji. Hingga tadi malam, dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News