Siap Kerahkan 1 Juta Kader untuk Ikut Program Bela Negara

Siap Kerahkan 1 Juta Kader untuk Ikut Program Bela Negara
Siap Kerahkan 1 Juta Kader untuk Ikut Program Bela Negara

jpnn.com - JAKARTA – Pro dan kontra soal rencana program bela negara yang diwacanakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) belum surut. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sudah mengambil sikap untuk mendukung wacana itu. Sebanyak 1 juta KNPI sudah disiapkan untuk mengikuti program bela negara.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat KNPI Bidang Pertahanan Yefta Moblik menyebut program itu penting bagi indonesia. Apalagi, UUD 1945 sudah meminta kepada warga negara untuk membela negara, menanamkan nasionalisme, memperluas wawasan kebangsaan dan nusantara, sampai memperkuat nilai pancasila.

’’Konsep sosialisasi harus disiapkan dengan baik, selama ini belum maksimal,’’ tuturnya, Senin (26/10). Dia menilai, rencana bela negara belum sampai dengan sempurna. Jadi, pro kontra terus terjadi meski program itu disebutnya punya banyak sisi positif bagi individu maupun negara.

Sosialisasi program itu disebutnya baru diterima dengan baik oleh golongan berpendidikan atas saja. Seperti akademisi, mahasiswa, pemuda, sampai elit politik. Padahal, program bela negara nanti diaplikasikan ke kurikulum sekolah sejak SD. ’’Sosialisasi perlu lebih menyeluruh, karena program harus dimulai sejak dini,’’ tuturnya.

Yefta menambahkan, untuk menunjukkan keseriusan terhadap program bela negara, KNPI sudah sowan ke Kemenhan. Audiensi dilakukan dengan memberi kepastian kalau 1 juta kader KNPI siap mengikuti program bela negara. ’’Ada 153 organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang berhimpun di KNPI. Punya minat mengikuti program itu,’’ jelasnya. (dim)


JAKARTA – Pro dan kontra soal rencana program bela negara yang diwacanakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) belum surut. Komite Nasional Pemuda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News