Siap-siap, 400 Personel 'Pasukan Setan' Bergerak ke Papua

Siap-siap, 400 Personel 'Pasukan Setan' Bergerak ke Papua
Sebanyak 400 personel Batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi naik ke KRI Banjarmasin-592 yang sedang sandar du Dermaga Kolinlami, Jakarta Utara, Senin (24/5). Selanjutnya personel berjuluk Pasukan Setan ini menuju Papua. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengerahkan KRI Banjarmasin 592 ke Papua, Senin (24/5). Kapal tersebut membawa 400 personel Batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Upacara pelepasan batalion berjuluk "Pasukan Setan" itu dipimpin Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Senin (24/5).

Turut hadir dalam pelepasan pasukan itu Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Frendy H Saragih edan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah.

Invansyah menyatakan kapal perang Kolinlamil yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta, 2 Surabaya, dan 3 Makassar, selalu siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dukungan angkutan laut militer ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jenderal bintang dua itu pun menyebut unsur KRI yang melaksanakan tugas operasi laut mengutamakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan atau pergerakan.

Sebab, kata dia, hal tersebut menjadi instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

“Mulai dari embarkasi personel, material, saat lintas laut hingga kapal sandar dan melakukan debarkasi harus mengacu kepada prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata dia.

KRI Banjarmasin 592 merupakan kapal perang jenis Landing Platform Docking (LPD). Kapal tersebu dikomandoi Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim menuju Papua.

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengerahkan KRI Banjarmasin-592 ke Papua yang membawa Pasukan Setan pada Senin (24/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News