Siap untuk Jalur Mudik, Tarif Tol Cipali Rp 750 per Km

Siap untuk Jalur Mudik, Tarif Tol Cipali Rp 750 per Km
Siap untuk Jalur Mudik, Tarif Tol Cipali Rp 750 per Km

jpnn.com - JAKARTA Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) dipastikan mulai beroperasi pada Juni tahun ini dan siap dilintasi para pemudik saat Lebaran. Tarif tol terpanjang di Indonesia itu diperkirakan bisa mencapai Rp 87 ribu.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto sebagai pengelola jalan tol Cipali mengatakan, saat ini tarif tol masih belum ditetapkan. Sebab, menunggu selesainya proses uji layak fungsi dan layak operasi, serta penetapan tarif oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU).

"Namun, sebagai gambaran, di dalam business plan kami perkiraan besaran tarif adalah sekitar Rp 750 per kilometer (km) untuk kendaraan golongan 1 (kendaraan pribadi)," ungkapnya kepada Jawa Pos.

Dengan panjang tol Cipali mencapai 116,7 km, maka dengan asumsi Rp 750 per km, tarifnya berpotensi mencapai sekitar Rp 87 ribu untuk kendaraan golongan I.

Proses uji layak fungsi sudah mulai dilaksanakan sejak pekan lalu, tepatnya mulai 14 April 2015. "Mengingat panjangnya jalan tol Cikampek-Palimanan, maka proses uji layak fungsi tersebut dilakukan secara bertahap dan diperkirakan selesai akhir Mei 2015," kata dia.

LMS yang merupakan anak usaha grup Saratoga itu menargetkan jalan tol dengan investasi diperkirakan mencapai Rp 12 triliun itu dapat beroperasi secara komersial pada Juni 2015 guna melayani arus mudik Lebaran tahun ini. Progres pembangunan tol Cipali sampai saat ini sudah mencapai 95 persen. (gen/fal)


JAKARTA – Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) dipastikan mulai beroperasi pada Juni tahun ini dan siap dilintasi para pemudik saat Lebaran. Tarif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News