Siapa 100 Tokoh Paling Berpengaruh Tahun Ini?

Siapa 100 Tokoh Paling Berpengaruh Tahun Ini?
PILIHAN - Tampilan ilustrasi pembuka di halaman web Time yang memuat daftar "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" tersebut. Copy foto: Situs Time.com. Olah foto: Arsito/JPNN.
MEREKA adalah orang-orang istimewa, layak disebut sebagai inspirator - dan tentu dijadikan sumber inspirasi. Tidak harus pemimpin maupun tokoh, mereka bisa saja hanyalah seorang wanita pedagang sayur. Mereka datang dari beragam latar belakang profesi, dari berbagai belahan dunia. Memang mungkin, ini hanyalah sebuah daftar rutin tahunan kesekian, yang dibuat oleh sebuah majalah. Namun selain tak ada salahnya, banyak orang nyatanya justru akur-akur saja dengan banyak nama di dalamnya.

Ya, untuk kali ke-12, majalah Time memang telah kembali merilis daftar "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" (100 Most Influential People in The World). Kamis (29/4) lalu, seratus tokoh yang dianggap berprestasi dalam bidangnya masing-masing itu dinobatkan sebagai pemenang. Daftarnya terdiri mulai dari pemimpin negara, politisi, selebriti, koki, ilmuwan, dermawan, sampai pebisnis. Mereka menempati empat kategori yang sengaja ditetapkan oleh majalah mingguan itu kali ini, yakni kategori pemimpin (leaders), pahlawan (heroes), artis (artists) dan pemikir (thinkers).

Seperti saat pertama kali muncul pada tahun 1999 lalu, dalam pengantar daftar bergengsi itu, Time kembali menegaskan bahwa daftar tersebut tidak disusun untuk membuktikan betapa berpengaruhnya kekuasaan seseorang. Sebaliknya, daftar yang termuat dalam edisi cetak Time bertanggal edar 10 Mei 2010 itu, disusun sebagai wujud betapa kuatnya pengaruh seseorang. Dan ditegaskan, tidak harus menjadi pejabat atau orang terkenal untuk bisa menginspirasi dunia. Lihat saja Chen Shu-chu yang hanya pedagang sayur di pasar dan dinobatkan sebagai salah seorang pahlawan.

"Beberapa nama yang tercantum dalam daftar kali ini memang dianggap berpengaruh karena jabatannya. Tapi, sebagian yang lain adalah mereka yang didengar karena ide dan aksinya," terang Richard Stengel, Managing Director majalah terbitan Amerika Serikat (AS) tersebut. Yang pasti, sebanyak 100 tokoh yang namanya masuk daftar Time kali ini, dipandang punya kontribusi yang signifikan bagi masyarakat internasional.

MEREKA adalah orang-orang istimewa, layak disebut sebagai inspirator - dan tentu dijadikan sumber inspirasi. Tidak harus pemimpin maupun tokoh, mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News