Siapa Komjen Senior dan Junior yang Tengah Dipertimbangkan Istana Menjadi Kapolri?

Siapa Komjen Senior dan Junior yang Tengah Dipertimbangkan Istana Menjadi Kapolri?
Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis makin ketat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengatakan, kalangan Istana Kepresidenan tengah mempertimbangkan dua perwira tinggi berpangkat komisaris jenderal (komjen) menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Menurut Neta, dari dua nama itu, satu merupakan komjen senior dan satunya lagi jenderal bintang tiga junior.

"Dari informasi yang diperoleh IPW, kalangan Istana Kepresidenan saat ini sebenarnya sudah menjaring dua nama calon Kapolri, yang satu jenderal bintang tiga senior dan satu lagi junior," kata Neta, Rabu (23/12).

Hanya saja, ia tidak menyebutkan dua nama jenderal tiga Polri yang tengah dipertimbangkan menjadi calon orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut.

Menurut Neta, kedua nama itu akan dikaji lagi dengan masukan nama-nama calon dari Dewan Jabatan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri, dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Namun IPW memperkirakan Presiden Jokowi akan memilih figur jenderal senior sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idam Azis," ungkapnya.

Sebelumnya, Neta menyebut dengan diangkatnya Irjen Petrus Reinhard Golose menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), maka peluang jenderal bintang dua Polri untuk masuk dalam bursa calon Kapolri tertutup sudah.

Padahal sebelumnya ada salah satu dari tiga jenderal bintang dua polri yang disebut sebut akan menjadi bintang tiga dan masuk dalam bursa calon Kapolri, yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri.

Menurut Neta, dari dua nama calon Kapolri itu, satu merupakan komjen senior dan satunya lagi jenderal bintang tiga junior.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News