Siapkan Pemekaran, Bentuk 5 Distrik Baru

Siapkan Pemekaran, Bentuk 5 Distrik Baru
Siapkan Pemekaran, Bentuk 5 Distrik Baru
TIMIKA – Tim Pemekaran Kabupaten Mimika berencana membentuk lima distrik baru di wilayah tersebut. Distrik baru adalah distrik Iwaka, Wania, Amar, Hoeya, dan Bela Alama. Ketua Tim Pemekaran Kabupaten, Dominikus Mitoro mengatakan pemekaran distrik ini dilakukan untuk melengkapi persyaratan pemekaran kabupaten.

 

Dominikus mengungkapkan Tim Pemekaran Kabupaten terus melakukan pembahasan tindak lanjut program percepatan pemekaran kabupaten seperti dengan melakukan pertemuan dengan Bupati Mimika. Tim mengusulkan ibukota kabupaten induk tetap Timika, ditambah dua kabupaten pemekaran baru. Usul itu menurutnya disetujui Bupati Mimika, Klemen Tinal. Pada saat itu juga disetujui pembatalan rencana pembentukan kotamadya dengan alasan membutuhkan proses yang panjang.

“Sehingga pemekaran yang dilakukan nanti adalah memekarkan dua kabupaten, dan tetap mempertahankan kabupaten induk,” jelasnya.

Dominikus menerangkan pemekaran distrik perlu didukung jumlah kampung yang mencukupi. Untuk itu, Tim Pemekaran Kabupaten juga akan melakukan pemekaran kampung. Contohnya, Distrik Amar yang merupakan pecahan dari Distrik Mimika Barat, akan membawahi Kampung Amar, Maware, Kawar, Ipirika, dan Piyaraya. Sedangkan Kampung Manware sudah memisahkan diri ke Aparuka.

TIMIKA – Tim Pemekaran Kabupaten Mimika berencana membentuk lima distrik baru di wilayah tersebut. Distrik baru adalah distrik Iwaka, Wania,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News