Siapkan Strategi, PDIP Gelar Rakernas Tertutup di Bali

Siapkan Strategi, PDIP Gelar Rakernas Tertutup di Bali
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Bali pada 23-25 Februari mendatang di Bali. Rakernas itu akan membahas hal-hal strategis dalam rangka pemenangan Pilkada 2018 sekaligus persiapan menghadapi tahapan pemilu legislatif dan presiden yang digelar serentak pada 2019.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, rakernas partanya kali ini akan digelar secara sederhana. Bahkan, seluruh proses rakernas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan digelar secara tertutup.

“Dengan melakukan pembahasan secara internal dan tertutup, maka berbagai persoalan dapat dilihat secara jernih, sehingga agenda politik yang ditawarkan PDI Perjuangan pun berakar kuat pada kehendak rakyat dan berpijak pada ideologi bangsa Pancasila,” ujar Hasto melalui layanan pesan, Selasa (20/2).

Hasto menambahkan, rakernas itu juga akan mendengarkan laporan dari seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP. Selanjutnya, rakernas akan membahas hal-hal strategis.

Namun, kata Hasto, Rakernas PDIP yang bakal digelar di kawasan Sanur, Denpasar itu tak akan membahas calon presiden dan calon wakil presiden. Sebab, keputusan soal capres dan cawapres PDIP menjadi kewenangan Megawati.

“Terkait dengan pasangan capres cawapres yang akan diusung serta kapan momentum pengumumannya, kongres telah memberikan mandat pada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Dengan demikian rakernas belum akan mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden,” tegasnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, dirinya perlu mempertegas soal keputusan Kongres PDIP yang memberi mandat ke Megawati dalam menentukan capres-cawapres. Sebab, katanya, belakangan ada pemberitaan yang sering kali menggiring opini dengan menggunakan sumber anonim menyangkut sosok capres dan cawapres dari PDIP.

“PDI Perjuangan memiliki tradisi demokrasi yang telah mengakar yang dijiwai oleh kepribadian bangsa, sehingga hal-hal terkait dengan pengumuman nama pemimpin nasional akan disampaikan secara khusus dan dengan desain politik yang penuh dengan nuansa semangat cinta tanah air,” tegasnya.

PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Bali dalam rangka pemenangan Pilkada 2018 sekaligus persiapan menghadapi tahapan Pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News