Siasati Masa Pandemi, Para Guru Patut Mencoba Cara Satu Ini

Siasati Masa Pandemi, Para Guru Patut Mencoba Cara Satu Ini
Wali Kota Padang Mahyeldi. (Antara/HO)

jpnn.com, PADANG - Para guru musti lebih kreatif dalam menyiasati proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19. Sebab, tidak semua sekolah dibolehkan melaksanakan pembelajaran d ruang kelas.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan model pembelajaran yang ada.

"Hingga saat ini proses belajar tatap muka belum bisa diberlakukan di Kota Padang, para guru harus berupaya agar pembelajaran daring tetap efektif," kata Mahyeldi saat Rapat Koordinasi Kepala Sekolah Dasar (SD) se-Kota Padang, Rabu (26/8).

Selain menerapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ dengan sistem dalam jaringan (daring). salah satu cara yang disodorkan Mahyeldi ini patut untuk dicoba para guru.

Menurut Mahyeldi, salah satu inovasi yang perlu dihadirkan adalah dengan memberlakukan sekolah alam. Cukup banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan dapat dijadikan sebagai media untuk menimba ilmu oleh peserta didik.

Dia pun memberikan contoh sejumlah lokasi alam yang bisa dijadikan untuk menimba ilmu. Tentunya, daerah lain di Indonesia juga punya hal yang sama.

"Misalnya, di depan Hotel Grand Inna Padang ada Tugu Gempa dan Museum Aditiawarman, Kemudian kawasan pertanian di Lubuk Minturun, dan tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah lainnya," katanya.

Dia mengakui masih banyak kendala yang dihadapi dalam proses belajar secara daring, salah satunya kendala akses internet.

Para guru bisa mencoba cara ini untuk menyiasati proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News