JPNN.com

Siber Bareskrim Bekuk Sindikat Pencuri Data Pribadi Level Internasional

Jumat, 24 Januari 2020 – 23:40 WIB Siber Bareskrim Bekuk Sindikat Pencuri Data Pribadi Level Internasional - JPNN.com
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Sub Direktorat (Subdit) Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri membekuk tiga pelaku peretasan data pribadi berskala internasional. Ketiga pelaku diketahui masing-masing berinisial MA (23), K (35), dan AN (26).

Kasubdit II Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Himawan Bayu Aji mengatakan, ketiga pelaku ditangkap di tiga lokais berbeda. “Penangkapan pada 20 Desember 2019 lalu di Yogyakarta dan Jakarta,” ujar Himawan di Bareskrim Polri, Jumat(24/1).

Mantan Kapolresta Sidoarjo ini menambahkan, ketiga tersangka beraksi dengan menciptakan malware atau JS Sniffer. Itu merupakan suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer.

Malware menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, unduhan internet atau program yang terinfeksi virus. Pelaku kemudian dengan mudah mencuri data dan informasi dari korban.

Perwira menengah ini menerangkan, tersangka menyebarkan virus malware kepada e-commerce sehingga bisa didapatkan data-data yang berkaitan dengan pemilik kartu kredit atau website. "Selanjutnya, digunakan tersangka untuk membeli barang-barang," beber Himawan.

Himawan menambahkan, aksi kriminal itu tidak hanya dilakukan di dalam negeri. Para pelaku juga menyasar korban di luar negeri.

"Beberapa negara yang mengalami kerugian atas perbuatan tersangka antara lain di Inggris, Afrika Selatan, Hongkong, Jerman, Amerika, Belanda," urai Himawan.

Menurut Himawan, sifat kejahatan siber adalah borders dan anonymous. Dua sifat kejahatan siber itu digunakan tersangka tanpa identitas untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan lintas batas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...