Sidang Perdana, Lima Terdakwa 9/11 Bungkam

Sidang Perdana, Lima Terdakwa 9/11 Bungkam
Sidang Perdana, Lima Terdakwa 9/11 Bungkam
TELUK GUANTANAMO - Persidangan perdana lima terdakwa pelaku serangan teror 11 September 2001 yang dikenal dengan tragedi 9/11 diwarnai sejumlah insiden pada Sabtu lalu (5/5). Khalid Sheikh Mohammed, aktor utama serangan itu, dan empat terdakwa lainnya memilih bungkam alias tidak mau menjawab pertanyaan majelis hakim dalam persidangan di depan pengadilan militer di Teluk Guantanamo, Kuba.

Sidang pun sempat diwarnai kericuhan. Semua terdakwa menolak dakwaan pembunuhan dan terorisme. Mereka juga menolak memberikan pembelaan. Padahal, dakwaan yang dikenakan kepada mereka terkait aksi teror dan serangan yang menewaskan 2.976 orang itu diancam dengan hukuman mati atau hukuman maksimal.   

Mereka akan diminta lagi untuk mengajukan pembelaan atas dakwaan tersebut dalam persidangan berikutnya.

Ketentuan baru melarang penggunaan bukti keterangan yang diperoleh melalui penyiksaan. Namun, pengacara para terdakwa menyatakan bahwa sistem pengadilan militer Guantanamo kurang legitimate karena melarang akses para pengacara terhadap klien mereka.        

TELUK GUANTANAMO - Persidangan perdana lima terdakwa pelaku serangan teror 11 September 2001 yang dikenal dengan tragedi 9/11 diwarnai sejumlah insiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News