Sifat Rahasia Naskah Unas Sementara

Sifat Rahasia Naskah Unas Sementara
Sifat Rahasia Naskah Unas Sementara
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini masih merahasiakan hasil investigasi ujian nasional (unas) 2013 kepada masyarakat. Salah satu poin investigasi adalah, percetakan naskah unas yang tidak menggunakan sistem security printing. Padahal naskah unas adalah dokumen negara yang bersifat rahasia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro mengatakan, naskah unas yang bersifat dokumen negara dan kategori rahasia itu tidak seperti dokumen-dokumen lainnya. "Misalnya ijazah, uang, dan materai," katanya. Dia menegaskan bahwa naskah unas tidak termasuk dalam dokumen security berdasarkan SK Kepala BIN No. Kep-04 Tahun 2002.

Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengatakan, sifat kerahasiaan naskah unas itu adalah ketika masa percetakan, distribusi, dan pengerjaan. "Setelah dikerjakan di kelas, naskah unas itu kertas biasa. Dipakai untuk bungkus kacang juga bisa," ujar Khairil.

Dia lantas membedakan antara sifat kerahasiaan naskah unas dengan dokumen-dokumen lain seperti ijazah, uang, dan materai. Khairil mengatakan bahwa dokumen negara seperti uang, ijazah, dan materai itu sifat kerahasiaan dan keamanannya berlaku selamanya. "Ijazah misalnya, setelah kita terima dan seterusnya itu harus dijaga keasliannya," katanya.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini masih merahasiakan hasil investigasi ujian nasional (unas) 2013 kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News