Sikap Trump Soal Nuklir Layak Diwaspadai

Sikap Trump Soal Nuklir Layak Diwaspadai
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari berharap terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat tak hanya memberikan manfaat bagi kemajuan negara itu. Tapi juga untuk dunia, termasuk Indonesia.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini meyakini siapapun Presiden Amerika, pasti akan menjalankan kebijakan yang sesuai dengan agenda global dan kepentingan nasional negara tersebut. 

"Amerika adalah Amerika," kata Abdul Kharis, melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (9/11).

Namun berkaitan dengan kebijakan global, ada hal yang perlu diwaspadai karena bisa berdampak tidak langsung terhadap ekonomi maupun politik Indonesia, yaitu soal senjata nuklir. 

Ini berkaitan dengan pernyataan Trump pada masa kampanye lalu, bahwa Ia akan mempersilahkan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang mengembangkan senjata nuklir.

"Apabila Trump tidak berubah, kita akan melihat AS yang mendorong Korea Selatan dan Jepang mengembangkan senjata nuklir untuk menangani persoalan mereka dengan Korea Utara dan dengan China di Laut China Timur," ujarnya.

Bila itu terjadi, katanya, maka tanpa kehadiran langsung AS di kawasan tersebut diduga akan meningkatkan tensi dan instabilitas. 

Hal itu tentu akan berdampak tidak langsung bagi ekonomi-politik Indonesia. (fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari berharap terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat tak hanya memberikan manfaat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News