Sikap Vietnam atas Naturalisasi Pemain

Naturalisasi Melonjak di V-League, Pribumi di Luar Negeri Tolak Bergabung

Sikap Vietnam atas Naturalisasi Pemain
Foto: Dok.JPPhoto
NATURALISASI sedang ngetren di sejumlah negara kontestan Piala AFF 2010. Tapi Vietnam yang sebelumnya diperkuat pemain naturalisasi, justru absen dari hiruk pikuk itu.  Selain Indonesia, Filipina dan Singapura, Vietnam sebenarnya adalah negara yang gemar menaturalisasi pemainnya. Dibandingkan dengan timnas Indonesia baru diperkuat pemain naturalisasi pada 2010, Vietnam sudah diperkuat pemain asing sejak 2007 lalu seperti kiper asal kelahiran Brazil Phan Van Santos.

Tapi ketika Indonesia dan Filipina mulai berani mengandalkan pemain naturalisasi pada 2010, Vietnam justru cenderung malu-malu. Persoalannya, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dihadapkan pada perdebatan banyaknya pemain naturalisasi V-League yang mengajukan diri bergabung Timnas Vietnam. Terlebih mayoritas kontestan V-league kali ini selalu memiliki satu pemain naturalisasi. Terbaru, VFF justru menurunkan lima pemain asing menjadi tiga asing saja.

Tapi sebenarnya, setelah Presiden VFF Nguyen Triong Hy sempat memberikan harapan pada publik bola Vietnam bahwa pihaknya akan mempertimbangkan pemanggilan pemain naturalisasi. Seperti dikabarkan VietNamNet, itu diungkapkan seiring pendaftaran sejumlah pemain asing oleh Singapura, Filipina, dan Indonesia sebelum Piala AFF bergulir, akhir November lalu.

Hy menyatakan bahwa timnas Vietnam memungkinkan diperkuat seidkitnya tiga asing. Sementara aristek Vietnam Henrique Calisto menyambutnya dengan menyatakan keinginannya memiliki striker Huynh Kesley, defender Nguyen Rogierio, Nguyen Hoang Helio serta kiper Hoang La.

NATURALISASI sedang ngetren di sejumlah negara kontestan Piala AFF 2010. Tapi Vietnam yang sebelumnya diperkuat pemain naturalisasi, justru absen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News