SIMAK: 8 Cara Jitu Bikin Produk Laris ke Konsumen Tiongkok

SIMAK: 8 Cara Jitu Bikin Produk Laris ke Konsumen Tiongkok
Ilustrasi. FOTO: bca for jpnn.com

jpnn.com - Berdasarkan perhitungan tahun Tiongkok, 2006 ini adalah tahun monyet api. Berdasarkan ramalan para ahli tahun ini akan menggeliat dibandingkan tahun sebelumnya. Nah, inilah saatnya bagi Anda yang memiliki merek produk sendiri lebih gencar memasarkannya ke orang-orang Tiongkok. 

Tentu saja ada jurus-jurus tertentu agar produk-produk Anda laris manis terjual ke orang-orang Tiongkok.

Menurut B2B International, ada beberapa kiat sukses berjualan yang bisa diperhatikan:

1. Ingat dasar ilmu pemasaran
Ilmu 4P (Product, Price, Place, Promotion) sangat penting. Semua harus kamu bangun berdasarkan riset. Tujuan 4P adalah untuk memastikan proposisi nilai sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Sabar
Untuk masuk pasar di Tiongkok, kamu perlu sabar. Secara khusus, pasar ini lebih rumit dibanding pasar di bagian Barat. Konsumen di pasar ini butuh waktu sebelum memutuskan melakukan pembelian.

3. Dengarkan
Bila pemasar mau mendengarkan konsumen, pemasar akan paham dan menemukan apa yang konsumen inginkan dan tidak inginkan. Temuan unik B2B International adalah, perusahaan Tiongkok cenderung tak mau membeli produk yang datang langsung dari Barat.

4. Jaga hubungan
Jaga hubungan dengan baik. Tiap pemasar harus siap menjalin pertemanan dengan konsumen Tiongkoknya.

5. Percaya diri atas kualitas
Sebagian besar perusahaan di Barat punya posisi kuat. Produk barat diasumsikan memiliki kualitas sangat baik. Fokus pada nilai tambah, dan jangan lupa personalisasi atau kustomisasi untuk pasar Tiongkok.

6. Fleksibel
Fleksibel terhadap beberapa isu seperti produk, layanan, pembayaran, dan harga merupakan hal penting agar bisa sukses di pasar Tiongkok. Indentifikasi kebutuhan konsumen bagi perusahaan.

7. Siap negosiasi panjang
Banyak konsumen potensial senang berlama-lama dalam negosiasi. Dalam hal ini, konsumen akan lakukan membandingkan produkmu dengan penjual lain dan mencoba menurunkan marjin semaksimal mungkin untuk mendapat harga termurah.

8. Hindari pernyataan berlebih dalam jualan
Jangan terlalu berlebihan memberikan deskripsi. Bila sudah percaya, konsumen Tiongkok akan menaruh kepercayaan pada pemasar. Jadi, jangan lukai kepercayaan itu. Jangan berlebihan memberikan informasi dan janji.  (bca/adv)


Berdasarkan perhitungan tahun Tiongkok, 2006 ini adalah tahun monyet api. Berdasarkan ramalan para ahli tahun ini akan menggeliat dibandingkan tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News