Simak Rangkaian Peringatan Kemerdekaan RI, Ada Zikir hingga Pameran Mobil Presiden di Sarinah

Simak Rangkaian Peringatan Kemerdekaan RI, Ada Zikir hingga Pameran Mobil Presiden di Sarinah
Kementerian Sekretariat Negara mengumumkan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara mengumumkan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Agenda kegiatan beragam, seperti zikir bersama hingga pameran mobil kepresidenan di Gedung Sarinah.

HUT RI mengambil tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Rangkaiannya acara dimulai dengan zikir kebangsaan pada Senin (1/7) malam nanti.

"Kami membukanya dengan acara zikir kebangsaan yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas agama dan juga Bapak Presiden Republik Indonesia juga akan hadir di sore hari sampai dengan menjelang malam," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama menambahkan bahwa pada 13-22 Agustus 2022, panitia akan menyelenggarakan Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Jakarta.

Kemensetneg mengambil tema Indonesia Menjawab. Pameran tersebut akan menampilkan ragam arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen-dokumen lainnya, serta bagaimana para presiden RI menjawab tantangan pada zamannya.

"Kami akan lebih menekankan bagaimana para presiden, tujuh presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing. Katakanlah di zaman Pak Soekarno bagaimana beliau menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, punya krisis yang harus dijawab, dan yang terakhir di Presiden ketujuh Pak Presiden Jokowi menjawab tantangan krisis global bagaimana menjawab pandemi Covid-19 ini," jelas Setya Utama.

Terkait pameran tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menambahkan bahwa mobil-mobil yang dipamerkan merupakan kendaraan yang pernah digunakan para Presiden RI mulai zaman Soekarno hingga Jokowi.

Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia dimulai dengan acara zikir kebangsaan pada Senin (1/7) malam nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News