Simak Seruan Moral KWI Terkait Pilkada Serentak 2020

Simak Seruan Moral KWI Terkait Pilkada Serentak 2020
Sekretaris Komisi Kerawam KWI, Romo PC. Siswantokio, Pr. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyampaikan seruan moral kepada umat Katolik terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada tahun 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020.

“Pesta demokrasi yang berlangsung di 270 tempat meliputi 9 provinsi, 34 kota, dan 224 kabupaten akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19,” demikian seruan moral secara tertulis Komisi Kerawam KWI yang diterima Jumat (4/12/2020).

Seruan moral tersebut ditandatangani oleh pimpinan Komisi Kerawam KWI, Mgr. Vincensius Sensi Potokota (Ketua) bersama Romo PC. Siswantokio, Pr (Sekretaris).

Adapun seruan moral Komisi Kerawam KWI sebagai berikut:

Pertama, Umat Katolik sebagai pemilih hendaknya menggunakan hak politiknya secara benar, bijak, dan cerdas. Memahami tata cara pemungutan suara di tengah pandemi Covid-19, mengenal calon kepala daerah yang akan dipilih, dan menentukan pilihan berdasarkan hati nurani. ?

Kedua, Umat Katolik diharapkan mematuhi Protokol Kesehatan, lebih-lebih saat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Memakai masker yang benar, menjaga jarak aman saat bertemu dengan orang lain, dan rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir atau dengan hand sanitizer. ?

Ketiga, Umat Katolik hendaknya menolak segala bentuk permainan politik kotor seperti politisasi SARA dan bantuan sosial, politik uang, ujaran kebencian, berita bohong, dan ajakan untuk melakukan tindak kekerasan, yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur demokrasi.

Seruan moral Komisi Kerawam KWI ditandatangani oleh Mgr. Vincensius Sensi Potokota selaku Ketua bersama Romo PC. Siswantokio, Pr sebagai Sekretaris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News