Sinabung Meletus

Sinabung Meletus
Sinabung Meletus
SINABUNG -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut meletus tepat pada pukul 00.08 WIB, Minggu (29/8). "Gunung meletus sekitar pukul 00.08 WIB," kata Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, dinihari tadi.

Menurut Andi meletusnya gunung tersebut benar-benar tidak terduga sebelumnya, meski ada kepulan asap yang muncul dari puncak Sinabung sejak kemarin. Dikatakan dia, saat ini sudah ada petugas dari BNPB, tim ahli dari Jakarta, serta Pemda setempat yang menangani evakuasi penduduk. "Saya sudah koordinasi sama Ketua BNPB, komando ada di tangan Bupati Karo," ungkapnya.

Laporan langsung wartawan Sumut Pos (grup JPNN), Iwan Tarigan dan Andre Ginting dari lokasi kejadian menyebutkan, letusan terjadi dua kali dan lahar panas sudah turun dari kaki puncak Gunung Sinabung. Sementara warga yang berada di sekitar kaki gunung berhamburan minta bantuan. Warga yang berada di radius 6 Km dari puncak gunung tersebut pun sudah diungsikan.

"Kami menyatakan dilakukan pengungsian di radius 6 Km," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono. Surono mengatakan, saat letusan terjadi, material pijar keluar dari gunung berketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Larva itu menimbulkan asap tebal setinggi 1.500 meter.

"Saya tidak tahu apakah tadi didahului gempa, karena yang saya lihat cuma gunungnya," terang Surono.

SINABUNG -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut meletus tepat pada pukul 00.08 WIB, Minggu (29/8). "Gunung meletus sekitar pukul 00.08

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News