Sindiran buat Investor Asing di Catalan

Sindiran buat Investor Asing di Catalan
Sindiran buat Investor Asing di Catalan
BANNER bertuliskan "Qatar bukan Catalan" dibentangkan fans Espanyol di Cornella El Prat kemarin. Banner itu merupakan bentuk sindiran kepada Barcelona dengan sponsor utamanya, The Qatar Foundation. Itu adalah kali pertama atau sejak berdiri 112 tahun lalu, Barca - sebutan Barca - mengomersialkan bagian depan kostumnya.

Di era sepak bola modern dan sudah menjadi sebuah industri, sah-sah saja Barca menjalin kontrak dengan pihak manapun. Apalagi Qatar Foundation menyuntikkan dana besar dalam kontrak yang diteken awal musim ini dan berdurasi hingga 30 Juni 2016.

Setiap tahunnya, Barca akan menerima EUR 30 juta atau setara dengan Rp 345 miliar. Itu belum termasuk bonus prestasi EUR 5 juta (Rp 57 miliar). Total, kesepakatan dengan Qatar Foundation bernilai EUR 170 juta atau hampir Rp 2 triliun. Income itu tentu membantu keuangan Barca yang masih menanggung utang lebih dari EUR 440 juta (Rp 5 triliun).

"Tanpa kerjasama dengan Qatar Foundation, Barca akan merugi dan terancam bangkrut. Utang kami masih tinggi dan kami tidak bisa meminjam uang terlalu banyak dari bank," kata Wakil Presiden Barca Javier Fays saat Barca meneken kontrak dengan Qatar Foundation pada 24 September tahun lalu.

BANNER bertuliskan "Qatar bukan Catalan" dibentangkan fans Espanyol di Cornella El Prat kemarin. Banner itu merupakan bentuk sindiran kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News