Sinyal SBY untuk Jokowi di Rapimnas Demokrat

Sinyal SBY untuk Jokowi di Rapimnas Demokrat
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dok/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, partainya tidak akan bersikap netral seperti pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. SBY memastikan PD akan ikut mengusung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2019.

Presiden Keenam RI itu menyatakan hal tersebut saat berpidato pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PD di Sentil, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3). “Insyaallah Demokrat pada 2019 akan mengusung capres dan cawapres yang paling tepat dan yang paling baik,” ujar SBY di hadapan puluhan ribu kadernya.

Di hadapan Presiden Joko Widodo yang juga hadir pada Rapimnas PD, SBY menegaskan bahwa partainya akan segera menentukan nama capres-cawapres. “Pada saatnya nanti beberapa bulan mendatang putra-putri terbaik bangsa yang Demokrat nilai cakap dan mampu memimpin Indonesia, selama lima tahun akan kami umumkan,” tambahnya.

Hanya saja, SBY belum mau mengungkapkan figur capres dan cawapres yang bakal didukung PD. Sambil berseloroh, pendiri PD itu meminta media untuk bersabar.

Namun, SBY juga melontarkan sinyal tentang arah dukungan PD di Pilpres 2019. Menurutnya, sangat mungkin PD ikut mengusung Presiden Joko Widodo.

“Jika Allah menakdirkan, sangat bisa Demokrat berjuang bersama bapak (Jokowi). Tentu ‎Bapak Jokowi sangat memahami pengalaman saya pada saat pilpres lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan pria asal Pacitan, Jawa Timur itu mengatakan, Jokowi perlu membangun kekuatan di Pilpres 2019. “Perjuangan bersama apa pun itu namanya akan berhasil dan menang jika kerangka kebersamaannya tepat,” pungkasnya.(ce1/gwn/JPC)


SBY mengatakan, PD dalam beberapa bulan mendatang akan menentukan nama capres dan cawapres untuk Pilpres 2019. Menurutnya, sangat mungkin PD mendukung Jokowi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News