Sistem e-Voting Sudah Diuji Coba di Pilkades

Sistem e-Voting Sudah Diuji Coba di Pilkades
Sistem e-Voting Sudah Diuji Coba di Pilkades

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Kepala Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir BPPT telah mengembangkan sistem voting elektronik. Bahkan telah disimulasikan sejak tahun 2010 lalu dalam proses pemilihan kepala desa di beberapa tempat.

"Perjalanan e-voting telah disimulasikan sejak 2010 lalu. Mulai di Pandeglang (Banten), lalu ke Banda Aceh (Aceh), lalu ke Bantaeng dan Makassar (Sulawesi Selatan). Kami juga sudah melakukannya ke Boyolali (Jawa Tengah) dan Bualemo (Gorontalo)," ujar Hammam, Rabu (11/11).

Menurut Hammam, simulasi penggunaan e-voting dalam pilkades dilakukan untuk melihat kesiapan penggunaan alat tersebut. Untuk kemudian kalau memungkinkan dapat dipergunakan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) maupun pemilihan umum (Pemilu).

"Jadi layaknya Pilkades itu S-1, nah kalau pilkada itu S-2. kalau sampai di pemilu legislatif dan pemilihan presiden, itu bisa S-3. Itu tidak akan lama lagi kalau melihat kesiapan kami. Kesiapan kami harus dipersiapkan dua atau tiga tahun," ujarnya.

Hammam berharap dengan sistem e-voting nantinya, model pemilihan di Indonesia dapat lebih baik. Pasalnya, selama ini permasalahan dalam pelaksanaan pemilu menurutnya, cukup beragam.

"Saya sangat interest bagaimana kesiapan stakeholder pemilih dalam penggunaaan teknologi informasi dan komunikasi secara mandiri. Di mana Indonsia bisa menggunakan e-voting dengan sumber daya manusia. Memobilisasi stakeholder adalah tahapan paling penting dalam segala permasalahan. Kami sangat berterima kasih pada Pemda. Saya yakin SDM-nya sudah tanggap teknologi informasi," ujar Hammam.(gir/jpnn)
    

 


JAKARTA - Deputi Kepala Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan, sejak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News