Skema Baru Belanda Masih Kaku

Skema Baru Belanda Masih Kaku
Robin van Persie. Foto: dok.JPNN

AMSTERDAM - Tanpa gelandang bertenaga Kevin Strootman yang cedera lutut ketika membela klubnya AS Roma, pelatih timnas Belanda Louis van Gaal terpaksa mencari alternatif skema. Itu untuk menutupi hilangnya motor di lini tengah mereka.
    
Apabila biasanya, selama kualifikasi Piala Dunia 2014, mereka memakai 4-3-3. Maka, dalam pertandingan uji coba dengan Ekuador kemarin dini hari, mereka menjajal skema 5-3-2. Kurang lazim bagi Belanda dan hasilnya ditahan imbang 1-1 oleh Ekuador di Amsterdam Arena.
    
Melawan Ekuador, Van Gaal menurunkan Robin van Persie dan Memphis Depay di lini depan. Hasilnya, hanya sebiji gol yang bisa dilesakkan Van Persie pada menit ke-37. Tetapi, sebelumnya Belanda sempat tertinggal oleh gol Jefferson Montero di menit kesembilan.
      
Rencananya, skema yang dijajal itu akan menjadi salah satu opsi yang dipakai Oranje- julukan Belanda- selama Piala Dunia 2014. Setidaknya, untuk pertandingan pertama melawan Spanyol di Arena Fonte Nova (13/6).

Karena itu, dalam sejumlah uji coba yang akan dijalani sebelum Piala Dunia. Setelah itu, mereka akan melakoni uji coba melawan Ghana pada 31 Mei dan Wales pada 4 Juni sebelum berangkat ke Brasil.
      
Mereka akan berada pada grup yang lumayan berat, yakni grup B. Selain Spanyol, ada Cile dan Australia. Meski begitu, Spanyol dan Belanda tetaplah favorit untuk lolos dari grup ini.
      
Dalam pertandingan kemarin, Van Gaal memasukkan Jordy Clasie pada posisi yang ditinggalkan Strootman. Hasilnya, cukup memuaskan. Bermula dari umpan silang Clasie bisa diselesaikan menjadi gol oleh Van Persie. "Gol yang luar biasa," kata Val Gaal.
      
Val Gaal mengaku kehilangan Strootman, tetapi Piala Dunia 2014 di depan mata dan butuh solusi. "Dia bermain bagus selama kualifikasi. Sayang sekali, tetapi kami punya pemain lain yang punya kualitas," katanya.
    
Soal permainan timnya kemarin dini hari, Van Gaal belum sepenuhnya puas. "Saya kecewa saat kami menguasai bola kami tidak bisa menemukan pemain yang bebas," terangnya.
    
Masalah baru bagi Van Gaal dari pertandingan itu terjadi ketika bek kanan Daryl Janmaat mengalami cedera setelah berbenturan dengan bek kiri Ekuador Oscar Bagui. Dia mengalami cedera di pergelangan kaki dan digantikan Paul Verhaegh. Adapun Ekuador juga kehilangan Felipe Caicedo sejak menit pertama karena cedera dan digantikan Armando Villa.
      
Sebelum berangkat ke Brasil pada 5 Juni nanti, Belanda masih akan menjalani training camp (TC) di Portugal pekan depan. (nap/ham)


AMSTERDAM - Tanpa gelandang bertenaga Kevin Strootman yang cedera lutut ketika membela klubnya AS Roma, pelatih timnas Belanda Louis van Gaal terpaksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News